ePad Android, (Bukan) iPad Dengan Harga Terjangkau

January 11, 2011 by Fikri Online Under Gadget - Leave a Comment  
China, dikenal sebagai negara terbesar yang memproduksi barang-barang elektronik dengan harga murah yang tentunya tidak terlalu menguras kantong orang yang ingin memilikinya. Baru-baru ini, mereka membuat replika dari Apple iPad yang mereka namakan dengan ePad, sebuah produk PC Tablets berbasis Android.
ePad Android, (Bukan) iPad Dengan Harga Terjangkau Image
Android sendiri adalah nama dari sebuah open source operating system berbasis Linux yang dikhususkan digunakan pada telepon seluler. Google adalah pemilik sah dari Android sejak mereka membelinya dari perusahaan yang juga bernama sama, yang berpusat di Palo Alto, California. Setelah itu, Google bersama beberapa perusahaan piranti perangkat keras, perangkat lunak dan telekomunikasi seperti HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile dan Nvidia membentuk aliansi yang dinamakan Open Handset Alliance untuk lebih mengembangkan sistem operasi Android.
Tidak dipungkiri, ePad merupakan duplikat yang paling mirip dengan iPad. Hampir semua fitur yang ada di iPad sudah disediakan oleh ePad. Bedanya, kalau iPad menggunakan operating system iOS buatan Apple, sedangkan ePad menggunakan Android yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan yang tergabung dalam Open Handset Alliance.
ePad Android, (Bukan) iPad Dengan Harga Terjangkau Image
Harga Lebih Murah
Seperti kebanyakan produk dari China, harga yang dibandrol oleh produsen ePad jauh lebih murah dari harga iPad. Perbedaan ini dikarenakan ePad menggunakan Android sebagai OS (Free lisensi & Open Source) sehingga user tidak dibebankan untuk membeli lisensi software dalam ePad.
Layar Touch Screen
Seperti halnya iPad, layar touch screen merupakan interface utama ketika berinteraksi dengan ePad. Touch screen bekerja dengan baik dan sensitif terhadap sentuhan dari jari manusia. Virtual keyboard juga sudah tersedia dan bisa digunakan untuk memasukkan perintah, mengetikkan URL pada web browser dan keperluan lain seperti yang biasa dilakukan pada keyboard konvensional.
ePad Android, (Bukan) iPad Dengan Harga Terjangkau Image
Jika melihat cahaya yang keluar dari layar, sepertinya ePad belum di design untuk digunakan di luar ruangan. Gambar tidak begitu jelas terlihat mengingat cahaya yang keluar dari layar kurang terang dan belum mampu menyesuaikan dengan cahaya luar. Mungkin saja produsen ePad melakukan hal ini untuk memaksimalkan penggunaan baterai agar tahan lebih lama.
Konektifitas
Dilihat dari segi konektifitas, ePad sudah menyediakan slot memory eksternal yang kompatibel dengan SD/MS Duo/MMC. Jika ingin menghubungkan ePad dengan perangkat USB eksternal (Semisal flash disk), ePad telah menyertakan sebuah Transfer Box yang menjembatani antara ePad dengan perangkat USB. Pada Transfer Box juga disediakan sebuah port RJ45 yang bisa digunakan untuk akses jaringan.
Karena berbasis OS, port USB bisa digunakan sebagaimana port USB pada komputer. Port ini bisa menggunakannya untuk transfer data menggunakan flash disk, koneksi dengan hard disk eksternal, card reader bahkan USB modem eksternal dengan catatan anda faham bagaimana mengintegrasikan modem dengan android OS. Kunjungi forum Android international jika mengalami kesulitan saat mengintegrasikan modem dengan ePad.
ePad Android, (Bukan) iPad Dengan Harga Terjangkau Image
Jika membawa ePad ke tempat publik yang menyediakan HotSpot, gunakan koneksi WiFi untuk terhubung ke internet. ePad secara otomatis mendeteksi pancaran sinyal WiFi yang keluar dari server HotSpot. Tidak perlu melakukan setting apa-apa karena kebanyakan HotSpot menyediakan service yang bisa singkron dengan semua perangkat WiFi.
Camera
Pada sisi depan, ada sebuah kamera yang bisa digunakan untuk mengambil gambar maupun merekam video. Aplikasi pendukung camera seperti Picture Capture, Camcoder berfungsi dengan baik. Jika selesai mengambil gambar, bisa dilanjutkan dengan melihat gambar menmggunakan Image Gallery dan mengorganisir foto menggunakan Magix Album. Jika berupa video, gunakan video palyer untuk melihat hasil rekaman video yang dilakukan sebelumnya.
ePad Android, (Bukan) iPad Dengan Harga Terjangkau Image
Fitur Standard ePad
  • Menggunakan Android Operating System
  • Layar touch pad (Merupakan standard dari PC Tablets)
  • Ukuran lebih kecil dan lebih ringan dari iPad
  • Fitur multimedia standard seperti Music, Video, Camera, CamCoder, Gallery Photo, Gallery Picture dan beberapa fitur standard lain
  • Aplikasi internet yang meliputi Web Browser, Push Mail menggunakan Gmail, YouTube Video, Android App Market.
Spesifikasi Hardware
  • Processor WM8505+
  • Layar LCD Touch Screen 7 inch dengan resolusi 800×480 pixel
  • RAM DDR2 128 MB
  • Sound HD Audio (Speaker, Line Out & Microphone port)
  • Internal RAM 1GB
  • External Slot Card SD/MS Duo/MMC
  • Transfer Box (USB & RJ45 Connector)
  • Battery 2400mAh/rechargeable
  • Dimensi 210x130x15.5 mm
  • Berat 415 gram
Sama seperti produk teknologi yang lain, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ePad yang bisa menjadi pertimbangan jika ingin membeli produk ini:
Kelebihan
  • Bentuk fisik yang kecil dan ringan
  • Menggunakan sistem operasi Android yang sederhana dan lebih flexibel (Sifatnya open source akan memudahkan semua developer untuk mengembangkan aplikasi pada ePad)
  • Harga lebih terjangkau
  • Layar yang lebih lebar dari kebanyakan smartphones
Kekurangan
  • Kualitas suara spekaer yang sederhana dan biasa saja (Sepertinya penyebab utamanya adalah bentuknya yang ramping sehingga pihak pengembang tidak cukup ruang untuk memaksimalkan kualitas suara)
  • Teknologi layar masih menggunakan standard VGA dan belum menggunakan GPU graphics
  • Mic belum terintegrasi dengan baik, terlebih lagi ketika menggunakannya untuk aplikasi chatting dan video call
  • Dirancang untuk tugas yang sederhana
Kesimpulan
Memang benar, ini bukan iPad, jadi jangan bandingkan ePad dengan iPad asli karena dari segi harga juga jauh berbeda. Jika sekedar ingin mencoba PC Tablets atau ingin membeli iPad tetapi belum memiliki kantong yang cukup, ePad merupakan solusi alternatif untuk kebutuhan anda.
Link Product


Read more: http://blog.fastncheap.com/epad-android-ipad-dengan-harga-terjangkau/#ixzz1An3zEkuH

1 Response to "ePad Android, (Bukan) iPad Dengan Harga Terjangkau"

  1. Unknown says:
    17 Februari 2012 pukul 07.20

    Nice post gan...
    Sukses selalu ya, jangan lupa komen balik...

    Salam
    http://nurrohmattriatmojo.blogspot.com/

Posting Komentar

Pages